Jumat, 12 Februari 2010

Pekerja Kantoran, Awas SBS!

Riset yang dilakukan National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) tahun 1997 mengungkap, sebanyak 52 persen pekerja di Amerika Serikat mengalami gangguan kesehatan, seperti: sakit kepala, badan cepat letih, perut kembung, hidung berair, tenggorokan gatal, sulit berkonsentrasi, serta batuk kering. Sebagian ahli menyangka, para pekerja ini mengalami stres. Kenyataannya, mereka menderita penyakit khas pekerja kantoran yang disebut Sick Building Syndrome (SBS).

SBS tidak cuma ada di Amerika, namun juga menimpa banyak pekerja di seluruh dunia. Mereka umumnya banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan, di gedung bertingkat tinggi. Para pakar menduga, penyebab SBS adalah kurangnya jumlah ventilasi dan kinerja AC yang buruk. Kondisi ini menyebabkan bakteri-bakteri merugikan, seperti chlamydia, escgriachia, dan legionella spleluasa bebas bergerilya. Sementara, faktor lainnya adalah pencemaran zat kimia, seperti pengharum ruangan.

Hasil penelitian terhadap karyawan 11 perusahaan di Jakarta mengungkapkan, asupan antioksidan dapat meringankan SBS. Begitu juga dengan olahraga secara teratur. Jika terus dibiarkan, SBS akan menyebabkan para pekerja menjadi stres karena harus beraktivitas di dalam ruangan yang berbahaya bagi kesehatan. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Cantik Itu Indah | by TNB